Safe Exam Browser: Apa itu dan Mengapa Dibutuhkan?

 

techvibes

Safe Exam Browser (SEB) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah kecurangan saat ujian online. Dalam ujian online, terkadang sulit untuk memastikan bahwa setiap siswa mematuhi aturan dan tidak melakukan kecurangan. Dengan menggunakan SEB, guru dan pengawas ujian dapat memastikan bahwa siswa hanya dapat mengakses sumber daya yang diizinkan selama ujian.

Bagaimana SEB Bekerja?

SEB membatasi akses peserta ujian ke beberapa fungsi dan fitur perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer yang digunakan. Hal ini dilakukan dengan mengunci akses ke sistem operasi, browser internet, dan aplikasi lain yang tidak relevan dengan ujian. Selain itu, SEB juga memblokir akses ke situs web tertentu yang tidak diizinkan dalam ujian.

SEB biasanya digunakan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan siswa yang sebenarnya, bukan kemampuan mereka untuk mencari jawaban secara online. Dalam ujian online, siswa dapat dengan mudah mencari jawaban di situs web tertentu atau mengakses aplikasi yang tidak relevan dengan ujian. Dengan menggunakan SEB, guru dan pengawas ujian dapat memastikan bahwa siswa hanya dapat mengakses sumber daya yang diizinkan dan tidak dapat melakukan kecurangan selama ujian.

Keuntungan Menggunakan SEB

Menggunakan SEB memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Mencegah kecurangan: SEB dapat mencegah siswa melakukan kecurangan saat ujian online.

Memastikan keadilan: Dengan membatasi akses siswa ke sumber daya tertentu, SEB dapat memastikan bahwa setiap siswa diperlakukan secara adil dan sama dalam ujian.

Meminimalkan gangguan: Dalam ujian online, peserta ujian dapat terganggu oleh notifikasi atau pesan dari aplikasi atau situs web lain. Dengan menggunakan SEB, gangguan semacam itu dapat diminimalkan.

Menghasilkan nilai yang lebih baik: Dengan mencegah kecurangan dan memastikan keadilan, SEB dapat membantu siswa memperoleh nilai yang lebih baik dan memperkuat kebijakan integritas akademik.

Kesimpulan

Safe Exam Browser (SEB) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memastikan keadilan dan kejujuran selama ujian online. SEB dapat membatasi akses siswa ke sumber daya tertentu dan mencegah kecurangan selama ujian. Dengan menggunakan SEB, guru dan pengawas ujian dapat memastikan bahwa siswa diperlakukan secara adil dan sama selama ujian.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *